PERKEMBANGAN SISTEM/TEKNOLOGI INFORMASI

 

PERKEMBANGAN SISTEM/TEKNOLOGI INFORMASI

 

Dosen : Suci Br Kembaren, SKOM., MMSI

 

 

Universitas Gunadarma - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



 

Disusun Oleh : 

Bimo Anggoro Jati 

(11119359)

 

 

JURUSAN SISTEM INFORMASI

FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI 

UNIVERSITAS GUNADARMA 

2020

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENDAHULUAN 

 

1.1. Latar belakang penulisan masalah

 

Penyusunan makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Inovasi SI & New Technology, makalah ini disusun dengan mempelajari materi tentang Perkembangan Sistem/Teknologi Informasi, dimana materi ini akan menjadi pembelajaran untuk kita untuk mengetahui sejarah dari Sistem/Teknologi yang sudah sangat canggih di masa ini.

 

 

1.2. Tujuan Penulisan 

 

Penyusunan makalah ini bertujuan untuk mendapatkan nilai pada mata kuliah Inovasi SI&New Technology, dan menuntaskan tugas dari kajian materi yang sudah diberikan. Selain itu tugas ini diberikan untuk mengenali dan mengetahui sejarah dari perkembangan Sistem/Teknologi Informasi

 

 

1.3. Manfaat Penulisan 

 

Manfaat dari penulisan makalah ini adalah kita dapat mempelajari dan mengetahui tentang sejarah yang terjadi pada perkembangan sistem/teknologi di dunia. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGERTIAN SISTEM/TEKNOLOGI INFORMASI

 

Teknologi informasi yaitu suatu teknologi yang mempunyai fungsi dalam mengolah data, memproses data, memperoleh, menyusun, menyimpan, mengubah data dengan berbagai cara untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat atau berkualitas.

 

Dari pengertian diatas, berikut ini adalah pengertian teknologi yang dikemukakan oleh beberapa ahli:

1.Haag dan Keen (1996)Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

 

2.Martin (1999)Pengertian teknologi informasi menurut Martin adalah teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.

 

3.Williams dan Sawyer (2003)Pengertian teknologi informasi menurut Williams dan Sawyer adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

 

4.Oxford English Dictionary (OED)Pengertian teknologi informasimenurut Oxford English Dictionary adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dlmnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha.

 

5,.ITTA (Information Technology Association of America)Pengertian teknologi informasi menurut ITTA adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

 

6.Lucas (2000)Pengertian teknologi informasi menurut Lucas adalah segala bentuk teknologi yang dapat diterapkan untuk mengirimkan sebuah informasi melalui media elektronik.

 

7.Mc. Keown (2001)Pengertian teknologi informasi menurut Mc. Keown adalah mengacu pada semua bentuk teknologi yang digunakan untuk bisa menciptakan, menyimpan, mengubah, dan juga menggunakan informasi tersebut dalam semua bentuknya.

 

 

8.Kenneth C. Loudon (2004)Pengertian teknologi informasi menurut Kenneth C. Loudon adalah salah satu alat yang digunakan para manajer untuk bisa mengatasi perubahan yang terjadi.Dalam masalah ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan informasi yang telah di proses dan dilaksanakan penyimpanan sebelumnya di dalam komputer.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sejarah Teknologi Informasi

 

Manusia telah hidup semenjak 209 ribu tahun yang lalu, semenjak dari itu manusia terus berkembang dan mulai berkomunikasi terhadap sesama manusia. Komunikasi menjadi satu alat yang sangat penting bagi perdaban manusia, dan untuk berkomunikasi manusia atau mahluk lainnya pun butuh sesuatu yang sama-sama dimiliki yaitu bahasa. Bahasa yang sama dan dimengerti oleh satu sama lain, tidak pernah berubah tetapi terus berkembang sejalan dengan intelektualitas manusia yang semakin meningkat. Bahasa dapat berupa angka, alfabet, simbol. maupun isyarat. Sudah banyak bukti tentang bahasa(cara berkomunikasi) yang ditunjukkan pada peninggalan sejarah. Walaupun mungkin manusia memiliki bahasa yang berbeda disetiap lingkungan, tetapi bahasa tetap mempunyai satu fungsi yang sama yaitu menyatukan dan memajukan masyarakatnya. Bahasa terus berevolusi dari bahasa yang digunakan untuk konteks lingkungan yang kecil seperti desa sampai menjadi bahasa nasional yang menjadi bahasa utama atau wajib setiap negara.

 

Dengan masyarakat yang semakin menyadari pentingnya komunikasi, banyak para inventor yang membuat alat komunikasi seperti pada tahun 1876 Melvyl Dewey mengembangkan sitem penulisan Desimal.

 

Lalu pada tahun 1877 Alexander Graham Bell mengembangkan telepon yang dipergunakan secara umum. Dari eksistensi telepon yang pada zaman dahulu hanya tersedia di institusi pemerintahan atau perkantoran, sampai mulai digunakan untuk setiap rumah, hingga sekarang ini digunakan oleh setiap orang. Dari yang cara penggunaanya menghubungi operator kepada siapa kita akan melakukan panggilan, sampai mulai menggunakan nomer telepon masing-masing. Dari yang cara penggunaanya diputar, lalu ditekan, sampai disentuh.

 

short_history_of_the_telephone__english_version__by_birjovanualexandru92-d6aa08h 

 

Pada tahun  itu juga fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan olehEdweard Maybridge. Pada tahun 1899 telah dipergunakan sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetis untuk yang pertama. Dan memberikan inspirasi pada  Zvorkyn untuk menciptakan tabung TV (Televisi) yang pertama pada tahun 1923.

 

d717e936ba590d803564871c5b1de3ef 

 

Dan internet pertamakali diciptakan oleh ARPANET tahun 1969 

 

g-internet-timeline_web.jpg 

Pada 1972 Ray Tomlinson  menciptakan aplikasi surat elektrolik yang pertama, lalu pada 1982 kata “email” pertamakali digunakan.  Email digunakan untuk mengirimkan pesan lewat internet

history-email-1

Pertukaran informasi dan keterikatan manusia dengan manusia yang memicu pembuatan komputer. Komputer dibuat untuk membuat kalkulasi matematikan yang kompleks semjadi mudah dan memudahkan pekerjaan manusia. Charles Babbage adalah Bapak Komputer, Babbage adalah orang pertama yang membuat komputer, sedangkan  Alan Turing adalah Bapak Komputer Modern, Turing membuat komputer modern pertama kalinya untuk membantu Inggris memenangan perang melawan Jerman.

 

dengan berkembangnya zaman, teknologi informasi yang merupakan gabungan antara teknologi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). terus menawarkan berbagai konten yang berupa elektronik yang dapat dipergunakan di perangkat smartphone dan komputer seperti e-government, e- commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dll.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perkembangan Komputer

 

Komputer yang pada zaman sekarang ini telah menjadi barang yang wajib dimiliki dengan memiliki berbagai fungsi dari a sampai z. Komputer juga telah memiliki perang yang sagat penting bagi perkembangan global. Peribahasa mengatakan Tak Kenal Maka Tak Sayang, maka dari tidaklah salah jika kita lebih mengenal sejarah dan perkembangan tentang komputer.

 

Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Begini Sejarah Panjang Perkembangan Komputer Dari Generasi ke Generasi -  Indoworx 

 

Komputer generasi pertama adalah Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) yang merupakan komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. Program ENIAC dirancang pada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946. ENIAC berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor. Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton, dan menempati ruangan 167 m2. Yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman.

 

Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (Central processor unit/ CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU.

 

 

 

Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang di buat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann. UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric.

 

Komputer Generasi I memiliki ciri khas, yakni instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner masing – masing yang berbeda yang disebut “Bahasa Mesin”(Machine Language).

 

Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

 

Karakteristik komputer Generasi I :

 

a. Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa.

 

b.  Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data.

 

c. Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.

 

d. Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.

 

e. Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage.

 

f. Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk.

 

g. Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang yang luas.

 

h. Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.

 

i.  Prosesnya kurang cepat.

 

j. Daya simpannya kecil.


k. Membutuhkan daya listrik yang besar.


Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)

 

Sejarah Komputer Generasi Kedua dan Ciri-Cirinya [LENGKAP] 

 

Karena generasi 1 berukuran sangat besar maka para ilmuwan mulai mengembangkan teknologi resistor. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi resistor ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.

 

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan , bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer.

 

Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.

 

 

 

Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.

 

Karakteristik Komputer Grenerasi II:

 

a. Memiliki transistor dibanding dengan tabung.

 

b. Memiliki sistem penyimpanannya sendiri. Yaitu, Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage dan menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.

 

c. Tidak lagi menggunakan bahasa assembly

 

d. Transistor yang banyak menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer yaitu quartz rock (batu kuarsa).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)

 

Komputer Generasi Ketiga | Martina punya 

Karena Komputer Generasi II menggunakan transistor yang membuat komputer menjadai cepat panas, maka pada generasi ketiga ini para pengembang mulai meninggalkan resistor. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964-1970an.

 

Jack Billy pada 1958, menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu.

 

 

 

Karakteristik komputer generasi ketiga adalah:

 

a. Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.

 

b. Peningkatan dari sisi software.

 

c. Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).

 

d. Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).

 

e. Penggunaan listrik lebih hemat.

 

f. Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.

 

g. Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara

 

h. Harganya semakin murah.

 

i.  Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.

 

Produk Komputer Generasi III adalah IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komputer Generasi Keempat (Sekarang)

 

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Ketiga Dan Keempat |  deoaldy1211021031 

 

Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia. Dan dilanjutkan dengan munculnya Smartphone.

 

Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini. Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.

 

Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium.

 

Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya. Di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz.

 

Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama.

 

Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit.

 

Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit.

 

Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.

 

Karakteristik Komputer Generasi  V:

 

a. Resolusi gambar yang bagus

 

b. Komputer 32 bit dan 64 bit.

 

c. Teknologi AI (Artificial Inteligence)

 

d. Munculnya Smarphone.

 

e. Berbasic GUI (Graphical User Interface)

 

Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik.

 

Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor.

 

Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perangkat Komputer

 

1. Monitor

Monitor ini mmpunyai fungsi sbagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.

 

2. CPU (Central Processing Unit)

CPU berfungsi sebagai pengendali proses kinerja computer dengan kata lain yaitu sbagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer & sbagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.

 

3. Printer

Printer berfungsi untuk untuk mencetak data seperti tulisan, gambar/foto pada kertas.

 

4. Scanner

Scanner ini seperti mesin fotocopy & berfungsi untuk mengkopy data objek & dipindahkan kedalam memory komputer & hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.

 

5. Mouse

Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.

 

6. Keyboard

Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file & membuka file.

 

7. Speaker

Speaker berfungsi untuk merubah gelombang listrik dari perangkat audio menjadi gelombang suara atau getaran.

 

8. Modem

Modem berfungsi alat komunikasi dua arah & saat ini lebih digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.

 

9. Stabilizer

Fungsi stabilizer untuk menstabilisikan tegangan listrik apabila voltase listrik turun.

 

10. Harddisk

Fungsi harddisk untuk menyimpan data komputer & penyimpanan Operation System (OS) serta sbagai alat booting komputer.

 

 

11. RAM / Modul Memori

Fungsi RAM / Memori adalah sebgai perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara sehingga membuat akses data yang sama lebih cepat.

 

12. Power Supply

Power Supply berfungsi sbagai penghantar arus listrik, kontrol voltase pada perangkat keras komputer.

 

13. Kabel Data

Kabel data berfungsi untuk mengirim data atau menerima data komputer.

 

14. Kabel VGA

Fungsi kabel VGA untuk menampilkan  out put / hasil pengolahan data komputer & selanjutnya bisa bisa dilihat di layar monitor.

 

15. Fan / Kipas

Fungsi fan adalah sbagai pendingin perangkat komputer, seperti processor, harddisk

 

16. LAN Card

Fungsi LAN Card untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam jaringan LAN

 

17. Motherboard

Fungsi Motherboard / Mobo sbagai wadah / papan sirkuit utama tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur & juga konektor sbagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang.

 

18. Processor

Fungsi processor untuk merespon & mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.

 

19. Headsets

Fungsi headsets untuk mendengarkan suara & berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.

 

20. Microphone

Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara & mengubahnya menjadi arus listrik.

 

21. CD-Room

Fungsi Cd-Room sbagai tempat untuk proses burning, copy CD & install software menggunakan CD/DVD.

 

22. CD / DVD

Fungsi CD/DVD untuk menyimpan data

 

23. Flashdisk

Fungsi Flashdisk untuk menyimpan data-data

 

24. Webcam

Fungsi Webcam sbagai alat bantu pada komputer misalnya untuk melihat gambar orang yang diajak chatting.

 

25. Joystick

Fungsi joystick sbagai alat bantu untuk memainkan permainan / game.

 

26. Video Adaptor atau GPU

Fungsi Video Adaptor sbagai penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar monitor & juga dapat memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi & kualitas warna yang terbaik & juga dapat mempercepat kinerja software Operation System.

 

27. Sound Card

Fungsi Sound Card sbagai penghubung output audio ke speaker, penghubung input suara ke komputer melalui mikrofon.

 

28. UPS

Fungsi UPS untuk menyimpan/menyediakan arus listrik tambahan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemanfaatan Sistem/ Teknologi Informasi

 

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa sistem/teknologi informasi yang saling berkaitan memiliki kunci penting bagi peradaban umat manusia. Sekarang setiap orang makin banyak yang memanfaatkan teknologi disegala bidang untuk meningkatkan efsiensi, efektifitas, dan juga meningkatkan pendapatan. Maka dari itu kita akan membahas pemanfaatan sistem/teknologi informasi.

 

1).  Bidang Bisnis dan Ekonomi

 

Dengan memanfaatkan IT untuk bisnis akan memberikan dampak yang sangat besar untuk keberlangsungan perusahaan di dunia.

 

IT dapat memperluas pangsa pasar.

IT dapat meningkatkan efisiensi operasional dan waktu.

IT dapat mengurangi biaya produksi dan operasional.

IT dapat memberikan keunggulan kompetitif.

IT dapat memberikan peluang bisnis baru.

e-Commerce

e-Money

 

2). Bidang Pendidikan

 

Pendidikan sangatlah penting untuk memprsiapkan generasi muda dimasa mendatang, mengedukasi generasi muda adalah kunci keberhasilan, mak dari itu banyak sekolah yang memanfaatkan teknologi untuk menunjang para muridnya.

 

e-Library

e-Learning

virtual class

Internet yang akan membantu tugas murid

 

3). Bidang Politik

 

Teknologi informasi juga dimanfaatkan dalam bidang politik seperti saat mengkampanyekan calon gubernur atau presiden, dan pada saat pemilihan presiden. Pada pemilihan presiden teknologi informasi ddigunakan untuk mendata calon pemilih baik yang berada didalam ataupun diluar negeri, seperti pemilihan online. Adapun juga berbagai lembaga yang melakukan Quick Count dalam perhitungan isi suara pemilihan presiden.

 

 

 

4). Bidang Pemerintahan

 

Pernah mendengah e-Goverment? itu merupakan produk dari pemanfaatan teknologi informasi oleh pemerintah pusat maupun daerah agar dapat lebih dekat dengan masyarakatnya. Dan juga adanya e-KTP yang dimaksudkan untuk mendata semua warga negaranya secara elektronik agar semua datanya dapat diback-up, tidak akan terjadi double data, dan juga lebih efisien dan hemat kertas dan ruang.

 

5). Bidang Kesehatan

 

Dalam bidang kesehatan, teknologi informasi banyak dimanfaatkan untuk mendata pasien hingga menjadi alat untuk memeriksa pasien, seperti alat USG yang merupakan komputer. Sekarang banyak situs – stus didunia maya yang berguna untuk mengkonsultasikan kesehatan, adapun juga aplikasi-aplikasi kesehatan yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit.

 

6). Bidang Industri

 

Dalam industri, teknologi informasi sangat akan membantu operasional sebuah pabrik. Seperti absensi elektronik, mesin-mesin, pekerja, distribusi, hingga penggajian para pekerja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perkembangan Perangkat Keras & Perangkat Lunak

 

Sebuah komputer terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Hardware dan Software sangat terikat karena bila kurang satu saja komponen dari hardware maupun sofware maka komputer tidak akan bekerja secara maksimal

 

a. Pemahaman Komponen Perangkat Keras

 

Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Lebih jelasnya Perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia.

Berdasarkan kegunaannya, Perangkat keras komputer terbagi atas :

 

1. Peralatan Input

 

Peralatan input atau peralatan masukan berfungsi sebagai alat untuk memasukkan (input) data dan program ke dalam komputer untuk diproses menjadi informasi atau keluaran.

 

Peralatan input dapat dibedakan seperti berikut:

 

a. Keyboard (papan ketik)

 

Keyboard adalah peralatan standar yang ada pada setiap komputer. Keyboard adalah sebuah papan yang berisi tombol tekan yang dapat menghasilkan karakter di monitor sesuai dengan tombolnya. Setiap tombol mempunyai sepasang terminal yang bekerja terhubung atau tidak. Susunan sakelar ini berupa baris dan kolom sehingga disebut matriks. Pertemuan baris dan kolom ini akan menghasilkan sebuah tanda atau karakter. Karakter yang timbul adalah hasil transfer kode oleh prosesor dan rangkaian keyboard.

 

Function key ditandai dari F1,F2 sampai dengan F12  yang memiliki fungsi tertentu sesuai dengan perintah yang dijalankan.

Cursor key digunakan untuk menggerakkan kursor.

Numerical key atau juga dissebut keypad merupakan tomboltombol angka yang susunan dan fungsinya seperti tombol pada kalkulator, biasanya juga disebut tombol kalkulator.

 Enter untuk mengeksekusi perintah, mengakhiri pengetikan dan pindah ke baris berikutnya.

ESC tombol untuk membatalkan perintah.

Backspace tombol untuk menghapus karakter / huruf di sebelah kiri kursor.

Del/Delete tombol untuk menghapus karakter / huruf pada posisi kursor.

Ins/Insert tombol untuk menyisipkan karakter / huruf.

Ctrl dan Alt tombol yang bila ditekan bersama tombol lain akan memiliki fungsi tertentu.

Shift digunakan dengan tombol lain untuk mengetikkan karakter symbol yang ada di tombol dan untuk menghasilkan huruf capital.

Capslock tombol mode untuk huruf capital.

Tab tombol untuk memindah kursor ke tanda tab (tabulasi).

PageUp dan PageDown tombol untuk menggulung naik dan turun satu layar.

Home tombol untuk mengarahkan kursor menuju pada awal baris.

End tombol untuk mengarahkan kursor menuju pada akhir baris

 

b. Mouse

 

Mouse adalah perangkat alat yang digunakan untuk menggerakkan penunujuk (pointer atau kursor) dengan cepat. Mouse mempunyai sebuah bola yang dapat memutar sumbu roda yang mempengaruhi sensor cahaya. Sensor ini berpasangan dengan pemancar cahaya dan saat roda berputar pada sumbunya, maka cahaya dan sensor akan terhalang dan terhubung secara periodik. Akibatnya rangkaian yang dihubungkan dengan sensor ini akan menerima sinyal dan tidak, sesuai dengan cahaya yang masuk ke sensornya. Sensor mouse ini terdiri dari sensor untuk gerakan panah mouse arah vertikal dan arah horizontal.  Jenis mouse sebagai berikut,

1. Mechanical (Wheel) mouse, yaitu mouse dapat bergerak ke segala arah berdasarkan pergerakan bola kecil yang ada di dalam mouse.

2. Optical mouse, yaitu mouse dengan menggunakan sensor optic.

3. Laser mouse, yaitu mouse dengan teknologi laser.

4. Wireless mouse adalah mouse yang tidak menggunakan kabel.

 

c. Scanner

 

Scanner (pemindai) adalah alat untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak seperti gambar, foto, atau tulisan menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer dalam sebuah data digital.

 

Ada beberapa jenis alat scanner, seperti :

 

Scanner gambar

Scanner barcode

Scanner sinar-x

Scanner cek

Scanner logam

Scanner Optical Mark Reader (OMR)

Scanner 3 dimensi

Scanner sendiri dapat dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, scanner gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:

 

FlatbedPada pemindai gambar Fladbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.

Automatic Document Feeder  (ADF)Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder  (ADF), kertas diletakkan pada tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder  (ADF) adalah:

kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam

dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan dengan imprinter

pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader  serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen.

 

d. Joystick

 

Joystick (tuas kendali) adalah alat masukan komputer  yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer . Joystick ini umumnya digunakan untuk memasukkan perintah pada dan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video game yang di lengkapi lebih dari satu tombol   digunakan untuk memasukkan perintah pada saat kita menjalankan game komputer. Bentuk joystick menyerupai sebuah tongkat yang dapat kita gerakkan ke beberapa arah, dan dilengkapi dengan tombol-tombol di bagian atas.

 

e. Trackball

 

Trackball (bola jejak) adalah piranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan umumnya terdapat pada mouse modern.  Trackball memiliki fungsi yang hampir sama seperti joystick, yaitu untuk memasukkan perintah pada saat kita memainkan game, trsckbsll ini menyimulasikan pergerakan vertikal mouse, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan muuse berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar. Di dalam trackball ini terdapat bola berukuran cukup besar sehingga ,udah untuk digerakkan.

 

f. Barcode Reader

 

Barcode reader adalah alat yang digunakan untuk membaca kode-kode  berbentuk garis-garis vertikal (disebut dengan BARCODE) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk pelanggan . Penggunaan barcode scanner ini mempunyai dua keuntungan tambahan. Yang pertama akan memperkecil kesalahan input yang disebabkan kesalahan operator komputer atau kasir. Yang kedua, penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry data, sehingga mengurangi jumlah antrian yang panjang.

 

g. Mikrofon

 

Mikrofon berfungsi untuk memasukkan data berbentuk suara ke dalam komputer.Dengan bantuan perangkat lunak tertentu, input suara tersebut dapat kita edit dan kita simpan di komputer.

 

h. Touch Sreen

 

Touch screen atau layar sentuh adalah alat masukan yang memungkinkan kita memasukkan data maupun instruksi ke komputer melalui sentuhan. Kita dapat menjumpai touch screen di tempat‐tempat umum yang menyediakan informasi untuk umum atau di mesin ATM. Touchscreen ini telah banyak kita jumpai di kehidupan sehari-hari kita seperti di HP atau di tablet.

 

i. Kamera Digital

 

Kamera digital lebih mudah digunakan karena karena tidak menggunakan kertas film. Pengguna dapat mengambil gambar sebanyak‐banyaknya tanpa perlu takut gagal karena gambar yang buruk dengan mudah dapat dihapus.Di samping itu, file foto digital lebih mudah dipindah salin ke CD atau DVD. Dengan kamera ini dapat mempermudah kita juga untuk mengambil moment-moment berharga yang kita lewati kapanpun, dan saat kita berada dimanapun.

 

j. Kamera Video

 

Kamera video atau sering disebut camcorder adalah alat untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video atau film. Hasil rekaman dapat ditransfer ke komputer dan diolah dengan perangkat lunak khusus. Hasilnya kemudian dapat kita salin ke CD atau DVD.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Peralatan Proses

 

Proses merupakan instruksi atau perintah yang dikerjakan oleh komputer untuk menjalankan operasi data serta operasi aritmatik dan logika yang dilakukan pada data. Pemrosesan data dalam sebuah perangkat komputer dikerjakan oleh CPU (Central Processing Unit/ Unit Pengolah Pusat). Selama proses data, data tersebut diubah bentuk, urutan, dan strukturnya sedemikian rupa sehingga didapatkan hasil yang diinginkan. Proses kerja komputer merupakan satu rangkaian kerjasama antar beberapa komponen. Kinerja komputer tidak ditentukan atau didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari sejumah komponen. Hasil dari pemrosesan tersebut disimpan dalam media penyimpanan data. CPU pada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Micro¬processor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu (integrated circuit) sehingga tak heran kalau istilah processor seringkali digunakan juga untuk menyebut CPU.

 

a. Prosesor

 

Processor adalah alat utama yang berfungsi mengolah datasecara digital. Processor sendiri sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor. Di Indonesia kita mengenal beberapa merk prosesor, diantaranya Intel, AMD (Advanced Micro Device), Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, PowerPC dan Cyrix.

 

b. RAM ( Random Access Memory )

 

RAM ( Random Access Memory ) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa mempedulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan sequential memory (memori urut), seperti pita magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari memori tipe ini memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

 

c. Mainboard

 

Mainboard atau Motherboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem mainboard . Pada Mainboard juga terdapat socket untuk processor, RAM, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain. Penggunaan jenis processor akan sangat mempengaruhi pemilihan motherboard.

 

Fungsi Mainboard adalah mengorganisasikan, mengatur dan menentukan alat yang terpasang pada komputer, selain itu mainboard juga sebagai pusat semua perangkat keras komputer / hardware, agar semua perangkat keras komputer tersebut bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lain. sebagai contoh: Processor, Memori(RAM), hardisk, optical drive, keyboard, mouse, monitor dan semua perangkat keras komputer dipasang dan dihubungkan dengan menggunakan motherboard sehingga komputer dapat berjalan dengan lancar.

 

d. Kartu VGA

 

Kartu VGA (Video Graph Array) adalah komponen komputer yang berfungsi menghubungkan mainboard dengan monitor. Alat ini berfungsi memproses tampilan pada layar monitor. Besar kecilnya resolusi dan ketajaman warna yang ditampilkan monitor, selain ditentukan oleh monitor juga sangat ditentukan oleh kartu VGA.

 

e. Kartu Suara

 

Kartu suarva (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara, merekam suara dan mengolah suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:

 

Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.

Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI

Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.Alat Penyimpanan

 

Alat penyimpanan atau storage device adalah perangkat keras yang berguna untuk menyimpan data dalam bentuk aslinya (biner). Penyimpanan sendiri dikategorikan menjadi primer dan sekunder, penyimpanan primer itu adalah RAM (memory utama) yang menguap. Penyimpanan kedua adalah penyimpanan permanen yang tidak menguap. Kapasitas dari penyimpanan tersebut diukur dalam kilobyte, megabyte, gigabyte dan terabyte. File dikategorikan sebagai program file atau data file yang diubah menjadi master file atau transaksi file. Data itu tetap dalam penyimpanan kedua untuk sementara sebelum diproses (sejumlah proses) atau bisa menjadi proses yang cepat.

 

a. Hardisk

 

Hardisk (Cakram keras) yang biasa disingkat  HDD atau hard drive yang disingkat HD adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Hardisk diciptakan pertama kali oleh Insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Hardisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Perkembangan hardisk (Cakram keras) begitu pesat, dulu dari ukuran 0,6 meter dan zaman sekarang menjadi hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Lalu dahulu yang hanya berkapasitas 4,4 MB, kini sudah mencapai 1 TB (terabyte atau 1 trilyun byte) dengan kecepatan 1000 rpm, dengan ukuran standar 3,5 inci. Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik (non-volatile).

 

b. CD / DVD – ROM

 

CD/DVD‐ROM adalah alat yang digunakan untuk membaca CD atau DVD. Pada awalnya alat ini hanya bisa membaca data saja.  Perkembangan teknologi membuat CD/DVD drive dapat menulis atau merekam data pada CD atau DVD.

 

c. Flasdisk

 

USB Flashdisk atau yang lebih sering di sebut flashdisk adalah alat penyimpanan data memori yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flashdisk ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Kapasitas  penyimpanan data  sebuah flashdisk cukup besar mulai dari ratusan megabyte  hingga beberapa gygabyte yaitu dari  64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori yang digunakan.

 

d. Disket

 

Disket merupakan media penyimpanan data yang terbuat dari cakram magnetik lentur (floopy). Kapasitasnya yang kecil, yakni 1,44 MB, membuat disket tidakbanyak lagi digunakan pada masa kini, kecuali untuk beberapa keperluan khusus.

 

e. Optical Disk

 

Optical disk atau yang sering disebut CD atau DVD merupakan media penyimpanan berbentuk cakram berdiameter 120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm di tengahnya. CD hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB, sedangkan DVD mampu menyimpan data hingga 4,7 GB bahkan 17 GB. Sehingga saat ini lebih banyak menggunakan DVD walaupun CD tetap digunakan.

 

4. Alat Kontrol

 

CPU  (Central Prosesing Unit) merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua fungsi operasional, yaitu :

 

·         ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan

 

·         CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

 

Cara Kerja CPU

 

Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di MAA (melalui Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Akumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

 

 

 

 

 

 

 

Pemahaman Komponen Perangkat Lunak

 

Setelah membicarakan menganai hardware, selanjutnya kita akan membicarakan tentang software. Setiap komputer memiliki software yang dapat berupa program atau aplikasi yang digunakan untuk menjalankan komputer. Software sendiri adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang diformat kemudian disimpan secara digital.

 

Ada Augusta merupakan orang pertama yang menulis perangkat lunak, diterapkan pada Babbage’s Analytical Engine, merupakan satu-satunya bahasa komputer yang digunakan pada Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat perang, taktik dan sistem strategi pertahanan.  Dan pada tahun 1945 istilah Bug pertama kali muncul. Bug terjadi bila komputer tidak bekerja atau suatu program mengalami kesalahan, maka para ahli mengatakan mereka sedang melakukan proses debugging, yang dimaksud adalah mencari sebab kesalahannya.

 

Evolusi Perangkat Lunak

 

1.Era Pioner  (tahun 1950 – 1960)

 

Penggunaan komputer saat era pioner dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.

 

ciri-ciri:

Proses Batch

Distribusi Terbatas

Pembuatan Khusus

 

2. Era Stabil (tahun 1970 – 1980)

 

Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.  Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).

 

cirir-ciri:

Multi User

Real Time

Database

 

3.  Era Mikro

 

Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

 

ciri-ciri:

Sistem Tersebar

Penanaman Kecerdasan

Perangkat Lunak murah

 

3. Era Modern (tahun 1990 – 2000an)

 

Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.

 

ciri-ciri:

Sistem Desktop

Teknologi objek

Sistem Pakar

Pemrosesan Paralel

Jaringan Komputer

 

 

 

 

 

 

Klasifikasi Perangkat Lunak

 

Klasifikasi perangkat lunak terbagi menjadi perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

 

Perangkat Lunak Sistem

perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Tanpa perangkat lunak sistem perangkat lunak aplikasi tidak dapat dijalankan.

 

Perangkat lunak sistem dibagi menjadi:

 

 Sistem Operasi

Sistem Operasi merupakan bagian penting bagi komputer, dan sistem operasi sendiri merupakan perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras / Hardware serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi. Komputer tidak dapat menjalankan perangkat lunak aplikasi jika kita tidak memiliki sistem operasi di dalamnya.

 

contohnya : Windows, Mac Os, BeOS, DOS, UNIX, LINUX.

 

Tugas Sistem Operasi:

 

a. Mengatur User interface

 

b. Mengoordinasikan perangkat keras dengan perangkat lunak yang terdapat pada komputer

 

c. Mengatur bagaimana perangkat lunak bisa masuk dalam memori

 

d. Mengatur cara penyimpanan dan pengambilan data pada media penyimpananMengelola semua sumber daya sistem pada komputer dan lain-lain

 

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan instruksi dan aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan suatu tugas. Manusia memberikan instruksi yang dimengerti oleh komputer melalui bahasa pemrograman, dan komputer akan menerjemahkannya

 

Bahasa Pemrogaman ini dibagi menjadi 3 yaitu:

 

 

 

a.  Low Level Language

 

Merupakan bahasa tingkat rendah atau bahasa mesin. Contoh low level language adalah sebagai berikut.Machine code, merupakan kode yang disimpan dalam bentuk angka biner (0 dan 1) di mana angka biner tersebut berfungsi menyimpan instruksi yang diperlukan oleh mesin

 

b.  Middle Level Language

 

Merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah. Contoh middle level language adalah bahasa C dan C++. Bahasa C dan C++ merupakan compiler untuk membuat aplikasi interfacing komputer maupun microcontroller.

 

c.  High Level Language

 

Merupakan bahasa tingkat tinggi di mana struktur maupun tata bahasa dalam penulisan program mudah dipahami oleh manusia. Contoh high level language adalah sebagai berikut : Basic, Pascal, FORTRAN, COBOL, dan Prolog

 

Utility

merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dalam sistem komputer. Seperti membantu pengoperasian mesin dalam komputer di antaranya mempersiapkan pemakaian media disk, membuat duplikat (copy file), membuat atau menghapus proteksi (keamanan) suatu sistem software, memperbaiki bagian file pada disk yang rusak, menguji kebenaran kinerja dari komputer, dan lain-lain.

 

Contohnya : WinRar, Scandisk, Disk Defragmenter, Norton Ghost, Tune Up Utilites, Advanced System Care, CC-Cleaner, dll.

 

2. Perangkat Lunak Aplikasi

 

Perangkat lunak aplikasi adalah jenis perangkat lunak yang terus berkembang sesuai dengan kebutuhan manusia yang digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.

 

Aplikasi Internet

Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client). Contoh aplikasi internet dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah :

 

1. HTTP (Hypertext Transfer protocol)

 

Merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext). Dari hypertext ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen (page) ke dokumen lainnya. Perangkat lunak di sisi pengguna yang menjalankan http di kenal sebagai browser. browser adalah Internet Explore dan Chrome.

 

2. E-mail

 

E-mail memungkinkan kita untuk bertukar dokumen satu sama lain. Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express dan Gmail.

3. Messenger

 

Messenger memungkinkan kita untuk komunikasi melalu teksjuga bisa berupa suara (voice) mapun film (webcam). Contohnya: BBM, LINE.

 

Aplikasi Office

Aplikasi office adalah aplikasi yang menunjang pekerjaan kantor seperti pendokumenan, presentasi, dan lamin sebagainya. Aplikasi office dibagi menjadi:

 

1.Perangkat lunak pengolahan kata (Word Processing)

 

Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pengolahan kata, yaitu pekerjaan yang berhubungan dengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat. Contoh: Wordstar, Microsoft Word, Amipro, Word Perfect, OpenOffice.Org Writer.

 

2. Perangkat lunak pengolahan angka (Spreadsheet)

 

Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka-angka, seperti penggunaan perhitungan, laporan keuangan, dan grafik. Contoh: Lotus 123, Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony, Super Calc, OpenOffice.Org Calc.

 

3. Perangkat lunak pengolahan data (Database)

 

Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pengolahan data. Data tersebut dapat berupa angka, kata atau gabungan angka dan kata. Contoh: dBase, Fox Base, Microsoft Access, OpenOffice.Org Base, dan lain sebagainya.

 

4. Perangkat lunak presentasi

 

Aplikasi ini berfungsi untuk mengolah suatu data agar siap dipresentasikan kedalam suatu proses pembelajaran atau seminar. Contoh: Microsoft Powerpoint, OpenOffice.Org Impress, dan lain sebagainya.

 

Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses /menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara, dan film. Aplikasi Multimedia sangat berkaitan dengan format data yang di gunakan. Contoh perangkat: VLC, Winamp, Groove Music.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


DAFTAR PUSTAKA

 

https://www.seputarpengetahuan.co.id/

 

Sudirman, Ivan. Perkembangan Software

Komputer. http://deasy.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/27381/perkembangan-software-komputer.pdf (diakses 3 Okrober 2016).

 

http://artikeljaringankomputer.com/perangkat-lunak-aplikasi.html

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi

 

Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak dan Perangkat Keras Komputer. https://docs.google.com/file/d/0B56oygDY4WQ1MGtaTEJWUUw1bXM/view (diakses 3 oktober 2016)

 

https://pakteo.wordpress.com/2011/04/11/teknologi-informasi/

 

Perangkat Lunak Komputer. http://zakki.dosen.narotama.ac.id/files/2011/12/BAB-3-Perangkat-Lunak.pdf (diakses 3 Oktober 2016).

 

http://www.ilmusiana.com/2015/09/sejarah-komputer-dan-perkembangannya.html

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN TEKNIS

Analisis browser