MANAJEMEN TEKNIS

 MANAJEMEN TEKNIS

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Manajemen Layanan Sistem Informasi

 

Disusun oleh :

Kelompok 7 (2KA11)

1. Alif Aprilian (10119502)

2. Athaullah Afra Tofani (11119133)

3. Bimo Anggoro Jati (11119359)

4. Muhammad Reza Tambunan (14119505)

 

FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI

UNIVERSITAS GUNADARMA

2021

 

KATA PENGANTAR

 

Puja dan puji syukur saya haturkan kepada Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan banyak nikmat, taufik dan hidayah. Sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Manajemen Teknis” dengan baik  tanpa ada  halangan yang berarti.

Makalah ini telah kami selesaikan dengan maksimal berkat kerjasama. Oleh karena itu kami sampaikan banyak terima kasih kepada segenap pihak yang telah berkontribusi secara maksimal dalam penyelesaian makalah ini.

Diluar itu, kami penulis sebagai manusia biasa menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, baik dari segi tata bahasa, susunan kalimat maupun isi. Oleh sebab itu dengan segala kerendahan hati, kami selaku penyusun menerima segala kritik dan saran yang membangun dari pembaca.


DAFTAR ISI

 

MANAJEMEN TEKNIS

KATA PENGANTAR 2

DAFTAR ISI 3

BAB I 4

PENDAHULUAN 4

A. Latar Belakang Masalah 4

B. Rumusan Masalah 4

C. Tujuan 4

BAB II 5

PEMBAHASAN 5

A. Maksud dan tujuan manajemen teknis 5

B. Kegiatan utama manajemen teknis 5

C. Hubungan manajemen teknis dengan fungsi manajemen layanan lainnya 6

BAB III 8

PENUTUP 8

A. Kesimpulan 8

B. Saran 8

DAFTAR PUSTAKA 9

 

 

 


BAB I

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang Masalah

Manajemen teknis bukanlah sebuah proses, ini merupakan fungsi yang menyediakan sumber daya dan memastikan bahwa pengetahuan tentang teknologi yang relevan selalu diperbarui. Bagaimana tim teknis dikelola akan berbeda dari suatu organisasi ke organisasi lainnya tergantung pada skala dan campuran teknologi yang digunakan. Manajemen teknis mencakup semua tim atau area yang mendukung pengiriman dan manajemen infrastruktur  TI melalui penyediaan pengetahuan dan keahlian teknis. Ini termasuk tim seperti jaringan, mainframe, middleware, desktop, server dan database.

B. Rumusan Masalah

1. Apa maksud dan tujuan manajemen teknis ?

2. Apa kegiatan utama manajemen teknis ?

3. Apa hubungan manajemen teknis dengan fungsi manajemen lainnya ?

C. Tujuan

1. Mendeskripsikan tujuan manajemen teknis

2. Mendeskripsikan kegiatan utama manajemen teknis

3. Mendeskripsikan hubungan manajemen teknis dengan fungsi manajemen lainnya.


BAB II

PEMBAHASAN

 

A. Maksud dan tujuan manajemen teknis

Manajemen teknis memiliki dua tujuan, yaitu :

1. Pemelihara pengetahuan teknis dan keahlian yang berkaitan dengan infrastruktur TI organisasi. Manajemen teknis memastikan bahwa pengetahuan teknis yang diperlukan untuk merancang, menguji, mengoperasikan, dan terus meningkatkan layanan TI tersedia.

2. Penyedia sumber daya actual untuk memfasilitasi semua fase siklus layanan, memastikan bahwa staf mendapatkan pelatiha yang memadahi dan efektif. Seringkali penting bagi staf yang akan ditempatkan dalam operasi layanan untuk dilibatkan dalam desain layanan dan aktivitas transisi layanan untuk layanan tertentu.

B. Kegiatan utama manajemen teknis

Manajemen teknis harus dilibatkan selama siklus hidup manajemen layanan. Penting bahwa manajemen teknis dilibatkan pada waktu dan cara yang tepat. Lebih spesifik :

1. Strategi layanan : Pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk mengelola dan mengoperasikan infrastruktur TI akan diidentifikasi dalam fase strategi layanan siklus hidup manajemen layanan. Tim manajemen teknis akan memiliki masukan penting untuk kesepakatan tentang standar arsitektur teknis.

2. Desain layanan : Selama fase desain layanan, tim manajemen teknis akan memberikan keahlian dalam infrastruktur TI dan akan memberikan saran tentang bagaimana bagian baru infrastruktur dapat dikelola pada suatu operasional.

3. Transisi layanan : Manajemen teknis akan disertakan dalam pengujian dan memastikan bahwa proses pengujian sesuai dan kuat. Pengetahuan yang disimpan dalam tim manajemen teknis dari infrastruktur teknis dan bagaimana hal itu berinteraksi dengan aplikasi akan digunakan untuk membantu menyusun skrip pengujian.

4. Operasi layanan : Tim manajemen teknis biasa melakukan aktivitas operasional sebagai bagian dari fungsi manajemen operasi TI. Tim manajemen teknis memberikan dukungan lini kedua dan tersedia untuk eskalasi fungsional yang berkaitan dengan peristiwa, insiden, dan masalah.

5. Peningkatan layanan berkelanjutan : Kinerja komponen infrastruktur TI yang mendukung layanan akan terus dipantau. Perbaikan akan diidentifikasi dan dipertimbangkan dari sudut pandang biaya dan urgensi. Untuk infrastruktur TI yang telah dibeli, hubungan erat diperlukan dengan pemasok untuk memastikan bahwa organisasi mengetahui kemungkinan peningkatan dan ini dipertimbangkan untuk implementasi.

C. Hubungan manajemen teknis dengan fungsi manajemen layanan lainnya

Manajemen operasi TI, manajemen aplikasi

Mungkin ada tumpang tindih antara manajemen teknis dan manajemen operasi TI dan manajemen aplikasi. Manajemen teknis bertanggung jawab atas infrastruktur TI sedangkan manajemen aplikasi bertanggung jawab atas aplikasi. Manajemen teknis memiliki tanggung jawab yang sama untuk Infrastruktur TI seperti yang dimiliki manajemen aplikasi untuk aplikasi.

Manajemen operasi TI adalah fungsi yang berbeda tetapi biasanya tim dari manajemen aplikasi dan manajemen teknis menjadi bagian dari fungsi ini.


BAB III

PENUTUP

 

A. Kesimpulan

Manajemen teknis merupakan fungsi yang menyediakan sumber daya dan memastikan bahwa pengetahuan tentang teknologi yang relevan selalu diperbarui. Manajemen teknis mencakup semua tim atau area yang mendukung pengiriman dan manajemen infrastruktur  TI melalui penyediaan pengetahuan dan keahlian teknis. Ini termasuk tim seperti jaringan, mainframe, middleware, desktop, server dan database.

B. Saran

Makalah ini mungkin jauh dari kesempurnaan sehingga kami sangat mengharapkan kritik serta saran guna penyempurnaan makalah ini. Demikian makalah ini kami susun semoga dapat bermanfaat untuk pembaca dan juga masyarakat.

 

 


DAFTAR PUSTAKA

 

Ernest Brewster, R. G. (n.d.). IT SERVICE MANAGEMENT. British Informatics Society Limited.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN SISTEM/TEKNOLOGI INFORMASI

Analisis browser